PT. Sumber Sentuhan Emas

Tips Memilih Atap Rumah Anti Panas!

Atap rumah anti panas selalu menjadi pertimbangan utama untuk digunakan di rumah-rumah daerah tropis. Panas sepanjang tahun membuat suhu dalam ruangan bisa meningkat setiap saat dan membuat tidak nyaman.

Sebenarnya ada banyak sekali atap yang dikenal dalam dunia konstruksi. Setiap jenis bangunan mungkin juga memiliki kecocokan tertentu dengan tipe atap. Oleh sebab itu, berikut daftar rekomendasi atap rumah anti panas yang dapat Anda gunakan. 

1. Atap Rumah Keramik

Jika Anda ingin atap rumah anti panas, maka atap keramik bisa menjadi salah satu alternative. Material ini umumnya banyak digunakan dalam bangunan minimalis modern karena sifat dan karakteristiknya.

Di Indonesia, material keramik sudah banyak dijadikan sebagai atap. Apalagi, banyak perumahan minimalis modern dibangun juga menggunakan material tersebut. Hasilnya adalah ruangan jadi lebih sejuk dan tidak panas.

Atap tersebut mampu menyerap panas. Saat suhu udara mulai dingin, panas yang diserap sebelumnya akan disebarkan. Maka, Anda juga akan tetap merasakan suasana nyaman di dalam rumah.

Selain itu, atap keramik juga merupakan material yang awet. Masa pakainya bisa sangat lama hingga puluhan tahun. Itulah yang menjadikan material ini juga banyak dimanfaatkan untuk banyak bangunan.

2. Atap Rumah Sirap

Atap rumah sirap merupakan atap rumah anti panas. Ada banyak alasan mengapa atap sirap mampu memiliki karakteristik tersebut. Salah satunya adalah karena rongga pori-porinya yang besar. 

Hal tersebut juga yang membuatnya mampu mengalirkan udara dengan lancar. Sirkulasi udara bisa keluar masuk setiap saat. Sehingga suhu ruangan dapat menurun.

3. Atap Rumah Tanah Liat

Di Indonesia, atap rumah anti panas dari tanah liat adalah yang paling banyak digunakan. Hampir semua rumah lama menggunakan material tanah liat. Kemudian, tanah liat dibuat menjadi genteng.

Genteng tersebut disusun sedemikian rumah untuk menghasilkan susunan atap rumah yang kokoh. Jika dilihat dari fungsinya, maka genteng tanah liat tidak kalah dengan genteng generasi terbaru.

Karena terbuat dari tanah liat, maka genteng ini mampu menyerap panas. Sedangkan saat cuaca sedang dingin mampu mengeluarkan membuat ruangan tampak hangat. Inilah kelebihan genteng tanah liat.

4. Atap Rumah Holodeck

Atap Rumah UPVC holodeck yang memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah tahan bakar. Karena kelebihan ini, maka penghuni rumah bisa terjamin keselamatannya saat berada di dalam rumah.

Kelebihan kedua adalah tetap sejuk meskipun cuaca panas. Salah satu alasannya adalah karena bentuk atapnya yang bergelombang. Holodeck juga mampu mengurangi panas hingga 5 derajat di siang hari.

Hal paling menarik dari holodeck adalah tahan terhadap korosi. Dari berbagai penelitian, material ini mampu menahan hingga 90% asam. Dengan kelebihan seperti ini maka sudah sewajarnya aman digunakan.

5. Atap Rumah Bitumen

Atap Bitumen, atau sering disebut atap bituben, adalah jenis atap yang terbuat dari lembaran lem bitumen yang diperkuat dengan serat fiberglas atau bahan penyangga lainnya. Atap ini cukup populer dan banyak digunakan dalam industri konstruksi. 
Bitumen sendiri merupakan cairan aspal dari hasil persenyawaan hidrogen dan hidrokarbon ditambah sulfur, klor, dan juga oksigen.  Atap bitumen memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca ekstrem, termasuk sinar UV, panas, hujan, dan angin. Mereka dirancang untuk menjaga kekuatan struktural dan tahan lama dalam berbagai kondisi cuaca.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *